Tips dan Trik agar Luka Cepat Sembuh

agar luka cepat sembuh
Dalam menjalankan rutinitas keseharian, kadang tidak sengaja mengalami kecelakaan kerja, baik yang sifatnya ringan hingga berat sekalipun. Seperti tersandung dalam melakukan perjalanan, teriris saat beraktivitas di dapur dan masih banyak aktivitas lain. Maka, penting kiranya Anda memahami langkah mudah agar luka cepat sembuh.

Bagaimana Cara Menangani agar Luka Cepat Sembuh?
Terdapat lima jenis luka yaitu koyak atau avulsi, tusuk, robek, sayat, dan baret. Meski bervariasi namun prinsip perawatan dasar luka cukup sama. Anda tidak boleh menyepelekan rasa sakit yang timbul dari luka yang ada di tubuh. Berikut langkah-lagkah yang tepat untuk menanganinya:

1. Lakukan Pembersihan pada Luka
Pada luka ringan yang berupa goresan dikulit kadang pendaharahan akan berhenti dengan sendirinya. Namun, jika tak berhenti yang bisa dilakukan ialah menekan area sekitar. Jangan lupa untuk memposisikan agar luka menghadap ke atas.

Lakukan pembersihan dengan membilasnya menggunakan air mengalir. Area sekitar luka boleh dibersihkan dengan sabun, namun tidak di dalam luka. Hal ini bertujuan agar menghindari terjadinya iritasi.

2. Mengatasi Kotoran atau Benda Menempel di Area Luka
Jika benda menancap diarea luka setelah Anda melakukan poin pertama, bisa melakukan pembersihan kembali dengan alat bantu pinset steril. Jangan lupa untuk menggunakan pinset dengan perendaman cairan alkohol sebelumnya agar aman saat melakukan pencabutan.

Namun, jika kesulitan untuk melakukannya sendiri di area luka dan masih ada yang tertinggal, segera ke dokter agar dapat dilakukan pembersihan secara menyeluruh guna menghindari resiko infeksi dan tetanus.

3. Perlu Dihindari Obat yang Berpotensi Menimbulkan Iritasi
Sudah menjadi kebiasaan masyarakat Indonesia jika mengalami luka akan menuangkan cairan hidrogen peroksida, obat merah, atau larutan antiseptik yang mengandung iodine. Padahal jika ditelisik lebih lanjut, obat-obatan itu justru akan menimbulkan iritasi.

Dengan mengetahui lebih dalam hal-hal yang perlu dihidari dalam melakukan penyembuhan luka pada tubuh Anda, maka akan membantu proses penyembuhan supaya lebih efektif dan menghindari hal-hal yang tidak berguna.

4. Sembuhkan dengan Salep
Jika menginginkan agar luka cepat sembuh salep atau krim antiseptik bisa menjadi pilihan sebagai obat untuk membantu menjaga supaya permukaan kulit tetap lembab. Meski tidak menjanjikan kesembuhan instan, salep bisa mencegah infeksi.

Gunakan salep atau krim antiseptik dengan teratur, agar luka aman dan mengurangi resiko luka membekas. Namun, perlu diperhatikan lebih jika kulit muncul ruam, harus segera menghentikan penggunaannya untuk menghindari resiko yang membahayakan lainnya.

5. Lindungi Luka dengan Perban
Agar terhindar dari bakteri dan menjaga supaya tetap bersih serta steril, Anda bisa menjaganya dengan menggunakan perban. Terdapat berbagai pilihan yang tersedia di apotek terdekat, tentunya bisa disesuaikan dengan kantong serta luka pada tubuh.

Tetapi, jika dirasa luka yang ada terlalu kecil, penggunaan perban bukan merupakan hal yang wajib. Begitupun jika terlalu besar dan menganga, bisa pergi ke rumah sakit agar segera mendapatkan penanganan. Suntikan tetanus mungkin diperlukan tubuh Anda untuk mengantisipasi.

Apabila luka cukup menganga, dalam, serta sampai terlihat otot dan lemak tubuh, segera untuk pergi ke rumah sakit untuk dilakukan proses penjahitan. Suntikan tetanus pun mungkin juga akan diperlukan untuk merawat luka yang dalam dan kotor.

Disarankan jika Anda sudah melakukan langkah-langkah yang sesuai agar luka cepat sembuh tetapi mendapatkan hasil yang nihil, dan disertai tanda-tanda kemerahan, bengkak, serta rasa sangat nyeri. Sebaiknya segera lakukan kontrol ke dokter.

Tags: