5 Cara Menentukan Pilihan Merek Susu Formula Terbaik Menurut SehatQ

 

merek susu formula

Susu formula dapat diberikan kepada buah hati sesuai dengan saran dari tenaga kesehatan profesional. Jika memang ingin memberikan susu formula kepada anak, maka pemilihan produknya harus tepat. Merek susu formula yang digunakan sebaiknya memang berkualitas dan mengandung asupan gizi yang lengkap bagi tubuh si kecil.

Memilih Susu Formula

Produk susu formula kini begitu mudah untuk didapatkan dan pilihan jenisnya pun sangat beragam. Jangan sampai salah pilih karena ini akan berpengaruh pada proses pertumbuhan si kecil. Berikut adalah 5 tips memilih produk susu formula yang tepat bagi anak:

1. Pilih Produk Terpercaya

Pertama, pilihlah produk susu yang berasal dari brand terpercaya. Brand susu formula sangat beragam jadi pilihlah produk dari brand yang sudah lama dipercaya oleh masyarakat. Bagi orang tua baru, penting sekali untuk mencari banyak referensi dari orang lain. Apalagi rekomendasi dari tenaga kesehatan seperti dokter agar dapat menemukan produk susu formula terbaik.

2. Perhatikan Kandungan Gizinya

Cek kembali kandungan gizi yang terkandung dalam produk susu. Perhatikan komposisi bahan dan berapa persen kandungan setiap zat gizi yang terdapat dalam produk susu. Pastikan bahwa kandungan zat gizinya sudah sesuai dengan kebutuhan pertumbuhan si kecil.

Itulah mengapa sangat disarankan untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan tenaga kesehatan ahli. Anda bisa berkonsultasi mengenai kebutuhan gizi si kecil dan menyesuaikannya dengan kandungan gizi pada susu formula. Anda juga bisa membandingkan susu formula satu dengan yang lain, mana yang kandungan gizinya paling lengkap dan mencukupi.

3. Pilih Produk dengan Gula Rendah

Sangat disarankan untuk memilih merek susu formula yang memiliki kadar gula rendah. Salah satu masalah yang harus diwaspadai jika memberikan susu formula kepada anak adalah kadar gulanya. Kandungan gula yang tinggi dalam susu formula bisa menyebabkan berbagai masalah mulai dari obesitas hingga kerusakan gigi anak di usia dini.

4. Pastikan Jenis Proteinnya

Susu formula ternyata terdiri dari beberapa jenis dibedakan berdasarkan jenis proteinnya. Anda bisa memilih produk yang tepat sesuai dengan jenis protein yang terkandung dalam susu tersebut. Hal ini bisa dikonsultasikan kembali pada tenaga kesehatan ahli. Cek kondisi kesehatan anak, apakah mereka aman diberi asupan protein susu sapi atau harus menghindarinya.

Kondisi alergi biasanya menjadi pertimbangan bagi orang tua saat memilih susu formula. Pahami kondisi anak, apakah alergi terhadap protein susu sapi atau tidak. Jika iya, cari alternatif susu lain yang menggunakan sumber protein nabati seperti kedelai misalnya.

5. Pilih Sesuai Usia dan Rasa yang Tepat

Temukan produk susu formula yang sesuai dengan tingkat usia si kecil. Susu formula biasanya dibedakan menjadi beberapa tipe produk berdasarkan usia. Pilih produk yang tepat sesuai usia anak. Memilih tipe susu dengan kategori yang tepat akan membantu mencukupi kebutuhan gizi anak di tahap usianya.

Jangan lupa perhatikan juga rasa susu tersebut. Pilih produk susu dengan rasa yang paling disukai si kecil. Mengganti rasa seringkali akan membuat anak enggan menghabiskan susunya. Tak ada salahnya untuk mencoba dulu hingga menemukan pilihan rasa yang paling difavoritkan

Bagi para orang tua baru yang masih bingung mencari produk susu formula terbaik, coba saja membaca review dari orang tua yang lain. Ulasan mengenai produk susu formula dapat ditemukan di layanan SehatQ. Layanan ini juga menyediakan konsultasi dengan dokter untuk tanya jawab lengkap seputar pemberian susu formula pada anak.