Begini Jadinya Kalau Anda Malas Servis Mobil

cicilan mobil bekas di Bandung

Bandung merupakan salah satu kota besar dengan tingkat mobilitas yang tinggi. Tak mengherankan jika kemacetan kerap kali dijumpai di kota ini. Di tengah padatnya aktivitas sehari-hari, Anda pastinya butuh kendaraan yang nyaman agar perjalanan lancar. Sayangnya, aktivitas yang padat juga sering kali membuat sebagian orang, termasuk Anda, lupa untuk merawat kendaraan. Padahal, jarang melakukan servis justru membahayakan kondisi kendaraan dan keuangan saat cicilan mobil bekas di Bandung belum selesai. Sebab, kebiasaan malas servis mobil bisa menimbulkan beberapa masalah berikut.

  • Kualitas mesin menurun

Dilansir dari Otomotif Kompas, salah satu akibat dari malas servis mobil adalah menurunnya kualitas mesin. Hal ini dapat terjadi karena beberapa komponen, misalnya air radiator, tak terawat dan menjadi aus. Kualitas air radiator bisa sangat memengaruhi kualitas mesin sebab komponen ini punya peran yang sangat vital, yakni menjaga suhu mesin agar tidak overheat.

Faktor lain yang memicu turunnya kualitas mesin adalah kehabisan oli mesin. Oli mesin pada mobil punya fungsi serius, yakni untuk melapisi dua permukaan logam yang saling bergesekan, memelihara kebersihan mesin, dan mendinginkan mesin yang panas akibat pembakaran. Maka dari itu, mengganti oli mesin ketika servis kendaraan menjadi penting.

Melansir Detik.com, oli mesin sebaiknya diganti setiap 10 ribu kilometer. Selain itu, penggantian oli mesin dapat dilakukan ketika akselerasi mesin terasa berat, mesin bergetar lebih besar, dan kerja mesin sangat kasar.

  • Sistem kelistrikan terganggu

Malas melakukan servis mobil juga dapat mengganggu sistem kelistrikan seperti alternator atau dinamo ampere. Komponen inilah yang bertugas menyuplai arus listrik ke beberapa bagian-bagian mobil seperti sistem audio, wiper, lampu, dan kaca jendela dengan mengubah tenaga kinetik menjadi tenaga listrik.

Jika komponen ini diabaikan, maka aki mobil tidak dapat menyuplai listrik secara baik dan hanya akan bertahan sebentar saja. Setelah listrik disuplai ke komponen audio, wiper, dan komponen lain, maka aliran listrik dalam mobil pun tidak maksimal. Terganggunya sistem kelistrikan mobil kelak akan berbuntut pada kondisi mesin tidak mau menyala, mobil sulit distarter, dan mudah mogok.

  • Sistem pembakaran lebih boros

Masalah lain yang kerap terjadi jika mobil tidak pernah diservis secara berkala adalah sistem pembakaran jadi lebih boros. Salah satu komponen pada sistem pembakaran yang butuh perhatian khusus adalah busi. Jika kondisi busi mobil sudah lemah atau mati, maka performa mesin pun akan ikut turun. Hal ini terjadi lantaran kondisi pembakaran tidak stabil karena percikan api yang dihasilkan tidak seimbang.

Selain itu, sering terlambat dalam mengisi bahan bakar juga bisa menyebabkan sistem pembakaran lebih boros akibat masuknya angin ke dalam pompa injeksi.

Itulah dia beberapa masalah yang akan Anda temui apabila Anda malas menservis mobil Anda. Bagaimana? Masih mau menganggap remeh soal servis mobil secara berkala?