5 Tips Merawat Genset Agar Awet Digunakan

Tips Merawat Genset Agar Awet Digunakan

Apa yang anda rasakan ketika sedang melakukan aktivitas di rumah atau di kantor namun tiba-tiba listrik padam? Pastinya tidak menyenangkan karena hal tersebut dapat menghambat aktivitas yang sedang anda lakukan, terlebih lagi jika anda mempunyai usaha di bidang umkm pastinya mengecewakan.

Oleh sebab itu sudah saatnya anda mempertimbangkan untuk mencari informasi mengenai Jual Genset Listrik di internet. Genset merupakan salah satu alat yang dapat digunakan saat listrik padam agar listrik dapat menyala kembali.

Berbicara mengenai genset, maka anda juga perlu memperhatikan bagaimana cara menjaga dan merawat genset itu sendiri. Tidak mau kan jika genset yang baru saja anda beli mudah kotor dan cepat rusak sehingga mempengaruhi performanya? Yuk simak dulu beberapa tips dalam artikel ini untuk menjaga supaya genset anda awet digunakan.

Tips Merawat Genset Agar Awet Digunakan

  1. Perhatikan Penempatan Genset

Genset merupakan alat yang harus dijaga dan dirawat, terlebih lagi dalam hal penempatannya. Jangan menaruh atau menempatkan genset di tempat yang sembarangan. Misalnya terkena terik panas matahari secara langsung, maupun terkena air hujan yang dapat mengakibatkan genset menjadi basah. Hal tersebut dapat mengakibatkan genset rusak maupun terkena serangan listrik yang dapat membahayakan.

  1. Jaga Kebersihan Genset

Bersihkan selalu genset dari kotoran, maupun benda asing secara berkala. Dengan memelihara kebersihan genset, pastinya membuat kinerjanya selalu optimal, bagian radiador genset perlu dibersihkan secara khusus, karena pada bagian tersebut mudah kotor.

  1. Periksa Aki dan Oli

Pastikan untuk selalu memeriksa aki dan oli pada genset secara berkala. Untuk memeriksa aki bisa dilakukan dengan cara memeriksa alur koneksi terminal aki, pastikan salurannya tidak longgar dan berkarat, hal tersebut dapat menghambat proses ‘starting’. Sementara pada oli, gantilah oli apabila warnanya sudah hitam atau keruh. Sebaiknya anda mengganti oli setiap 6 bulan sekali atau jika oli dirasa sudah tidak normal performanya.

  1. Ganti Sparepart Genset

Mengganti sparepart genset merupakan hal penting yang tidak boleh anda lewatkan, terlebih lagi jika genset telah anda gunakan dalam kurun waktu yang lama. Jika genset telah digunakan dalam waktu yang lama tentunya terdapat sparepart yang sudah tidak optimal lagi, dan dapat menggangu kinerja part genset lainnya. Oleh sebab itu anda disarankan untuk menggantinya dengan melihat buku panduan yang tersedia pada mesin genset anda.

  1. Memastikan Pengoperasian Genset Dengan Benar

Anda perlu memperhatikan pengoperasian genset dengan benar ketika sedang menggunakannya. Menggunakan genset secara benar dapat terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan. Bacalah buku petunjuk yang tersedia sebelum anda menggunakan genset.

Itu dia beberapa tips yang bisa anda terapkan guna merawat genset anda, semoga tips tersebut dapat bermanfaat dan bisa anda segera terapkan ya.

admin
afresheet.com adalah ruang berbagi informasi yang bermanfaat. Temukan beragam tips dan trik untuk membantu kendala yang Anda hadapi.